Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

LITERASI NEWS

SILABUS MATAKULIAH KEWIRAUSAHAAN 1 JURUSAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM FDIK IAIN PADANGSIDIMPUAN



Mata Kuliah              : Kewirausahaan I
Jurusan/Fakultas      : PMI/ FDIK
Program Studi           : Strata Satu ( S.1 )
Nama Dosen              : Icol Dianto, S.Sos.I., M. Kom.I
Semester/Bobot          : V/ 2 SKS
 


A.    Kompetensi  Mata Kuliah
1.     Memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang kewirausahaan dan peranannya dalam pengembangan ekonomi nasional
2.     Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan sikap, kemampuan dan keterampilan dalam pengelolaan usaha
3.     Memperkenalkan konsep kewirausahaan dan pola pengembangan potensi wirausaha dalam mendukung perkembangan sektor bisnis umat
4.     Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentang proses mendirikan, mengelolah, serta mengembangkan usaha bisnis terutama usaha skala kecil dan industri rumah tangga.
5.     Menggali potensi dan kekuatan ekonomi umat yang bersumber dari ajaran Islam yang telah menghantarkan kejayaan Islam masa Nabi Muhammad Saw dan sahabat.
6.     Agar mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam berwirausaha sebagai bagian dari pengembangan masyarakat Islam

B.    Topik Inti

1.     Definisi Kewirausahaan
2.     Semangat Kewirausahaan Dalam Islam
3.     Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses
4.     Etika Ekonomi Islam
5.     Strategi Berinvestasi
6.     Menentukan Peluang Usaha dan Analisis Usaha (SWOT) Pertanian
7.     Hilirisasi Usaha Pertanian Dari Tanam sampai Produksi
8.     Mengenal Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
9.     Ketegasan Dalam Aspek Produksi Pertanian
10.  Mengelolah Keuangan Usaha
11.  Pengembangkan Usaha 1: Legalisasi Usaha
12.  Pengembangkan Usaha 2: Aksibilitas ke Sumber-Sumber Modal
13.  Pengembangkan Usaha 3: Perbaikan Kualitas Produksi
14.  Pengembangkan Usaha 4: Analisis Segmentasi Pasar
15.  Pengembangkan Usaha 5: Strategi Pemasaran dan Promosi Produk
16.  Pengembangkan Usaha 6: Kreativitas dan Inovasi dalam Usaha

C.    Referensi
1.         Afzalurahman, Muhammad Sebagai Seorang Pedagang, Penerbit Yayasan Swarna Bhumi, Jakarta, 1997
2.         Izzuddin al Khatib at Tamimi, Nilai Kerja dalam Islam, Pustaka Mantiq, Solo, 1992
3.         Abdul Aziz al Khayyat, Etika Bekerja dalam Islam, Gema Insani Pers, Jakarta, 1994
4.         Syahminan Zaini, Metode Berkarya menurut al Quran, Penerbit Kalam Mulia
5.         Pola berusaha, Pusat Produktivitas Tenaga Kerja Depnaker, Jakarta, 1990
6.         Penghitungan Biaya dan Laba, Pusat Tenaga Kerja Depnaker, Jakarta, 1990
7.         Rencana dan Evaluasi Usaha, Pusat Produktivitas Tenaga Kerja Depnaker, Jakarta, 1990 Wasty Soemanto, Sekutlcup Ide Operasiotlal Pemlidikatl Wiraswasta, Jakarta, Bumi Aksara, 1993.
8.         M. Thalib, Pedomall Wiraswasta dan Manajemell Islamy, Solo, Pustaka Mantiq, 1993.
9.         Muhammad Saad dan Joni Nur Ashari, ed., Keterkaitan dati Kesesuaian Dunia Pendidikan dan Dunia Usalta, Jakarta, PB HMI, 1995.
10.     Fadel Muhammad, Itldustrialisasi dan Wiraswasta Masyarakat Illdustri 'Belah Ketupat', Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 1992.
11.     Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelajaan Perusahaall, 1993.
12.     Alwyn 1. Young, Faktor-faktor Ekotlomi Usaha, Buku Panduan Pelatihan, Jakarta, Program Pengembangan Pengusaha Keeil PPM, 1982.
13.     Abas Kartadinata, Pembelajaan, Pengalltar Manajemen Keuangan, Jakarta, Bina Aksara, 1983

Posting Komentar

0 Komentar